PENYELENGGARAAN MUSRENBANG RKPD KABUPATEN DI KECAMATAN SE-KABUPATEN PESISIR BARAT DIMULAI

February 13, 2018 in BERITA UPDATE

IMG-20180212-WA0005DSC_0053Mulai hari Senin, 12 Februari 2018 masing-masing kecamatan se-Kabupaten Pesisir Barat menyelenggarakan Musrenbang RKPD Kabupaten Pesisir Barat untuk tahun 2019.   Adapun tema Musrenbang RKPD Kabupaten Pesisir Barat tahun 2019 adalah “Memacu Pembangunan Daerah dan Mendorong Investasi untuk
Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi dan Pemerataan Hasil Pembangunan”. Musyawarah Perencanaan Pembangunan RKPD Kabupaten ditingkat Kecamatan merupakan forum antar para pelaku pembangunan dalam rangka menyusun RKPD Kabupaten Pesisir Barat tahun 2019 dan salah satu amanat dari Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 dan Permendagri Nomor 86 tahun 2017. Musrenbang RKPD Kabupaten di tingkat kecamatan adalah cara untuk menjaring aspirasi dan usulan pembangunan dari masing-masing pekon di setiap kecamatan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan masyarakat. Di mana usulan ini akan direkapitulasi oleh OPD-OPD terkait dan akan ditentukan mana usulan yang menjadi prioritas dan masuk dalam program OPD-OPD pada tahun 2019.  Hal ini juga tentu disesuaikan juga dengan RJPMD Kabupaten Pesisir Barat Tahun 2016 – 2021 dan kemampuan pembiayaan dan keuangan daerah.

Pada pelaksanaan hari pertama ini, Musrenbang RKPD Kabupaten di kecamatan diselenggarakan di Kecamatan Lemong dan Bangkunat. Bupati Pesisir Barat, Dr. Drs. H. Agus Istiqlal, SH, MH, bersama Ketua DPRD, Piddinuri dan Wakil Ketua DPRD, Drs. AE. Wardhana Kusuma berkesempatan hadir mengikuti musrenbang di Kecamatan Lemong. Ikut mendampingi dalam musrenbang ini adalah Tim II Musrenbang Kabupaten yang dipimpin oleh Kepala Bappeda, Drs. Zukri Amin, MP. Sedangkan Wakil Bupati, Erlina, SP, MH  bersama anggota DPRD, Sri Suyanti, SE dan Sumiyati hadir di Kecamatan Bangkunat  didampingi oleh Tim I Musrenbang Kabupaten yang diketuai oleh Syamsu Hilal, S.Sos, Asisten Bidang Perekonomian, Pembangunan dan Kehumasan.

Musrenbang di kecamatan ini dihadiri juga oleh seluruh peratin di Kecamatan Lemong dan Kecamatan Bangkunat, kepala sekolah, kepala puskesmas, para tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda, perwakilan perempuan, ormas, organisasi kepemudaan dan  para pemangku kepentingan pembangunan di kecamatan.