BAPPEDA MELAKSANAKAN FORGAB PERANGKAT DAERAH KABUPATEN PESISIR BARAT TAHUN 2018

March 16, 2018 in BERITA UPDATE

IMG_1724

Bappeda melaksanakan Forum Gabungan Perangkat Daerah Kabupaten Pesisir Barat Tahun 2018 pada hari Kamis 15 Maret 2018 bertempat di OR Sekretariat Daerah Kabupaten Pesisir Barat. Forgab merupakan rangkaian kegiatan menuju Musrenbang Kabupaten yang direncanakan akan dilaksanakan pada hari Selasa-Rabu,  20-21 Maret 2018. Sekretaris Daerah Kabupaten Pesisir Barat, Drs. Azhari, MM berkenan memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi kegiatan ini. Forum Gabungan terdiri atas 2 sesi, sesi pertama dihadiri oleh Kepala Organisasi Perangkat Daerah dan Camat se-Kabupaten Pesisir Barat. Pada sesi ini 3 OPD memberikan paparan terkait dengan rancangan program, kegiatan dan anggaran keuangan Kabupaten Pesisir Barat Tahun 2019.

Kepala Bappeda, Drs. Zukri Amin, MP menyampaikan paparan tentang “Rancangan Awal RKPD Kabupaten Pesisir Barat Tahun 2019”. Dalam paparan disampaikan tentang prioritas pembangunan, indikator kinerja utama, usulan program dan kegiatan rancangan awal RKPD Kabupaten Pesisir Barat 2019. Drs. Zukri Amin, MP juga menyampaikan tentang tema RKPD 2019 yaitu “Memacu Pembangunan Daerah dan Mendorong Investasi Untuk Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi dan Pemerataan Hasil Pembangunan”. Pada kesempatan kedua dilanjutkan dengan pemaparan oleh Sekretaris BPKAD, I Nyoman Setiawan, SE, MM tentang “Arah Kebijakan Belanja Tahun Anggaran 2019”. Disampaikan oleh yang bersangkutan tentang beberapa hal yang perlu menjadi perhatian para Kepala OPD se-Kabupaten Pesisir Barat antara lain kebijakan belanja tidak langsung, kebijakan belanja langsung dan proyeksi APBD Kabupaten Pesisir Barat Tahun 2019. Sedangkan pada paparan yang ketiga disampaikan oleh Kepala BAPENDA, Drs. Gunawan, M.Si. Dalam  paparan yang mengambil tema “Proyeksi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Tahun Anggaran 2019” dipaparkan tentang besaran proyeksi pendapatan tahun 2019, rasio PAD terhadap pendapatan daerah dan permasalahan dalam pemungutan PAD.

Pada sesi kedua yang dilaksanakan pada pukul 13.00 diikuti para Kasubbag/staf Perencanaan OPD dan kecamatan se-Kecamatan Pesisir  Barat. Pada sesi ini paparan disampaikan oleh para Kepala Bidang Bappeda Kabupaten Pesisir Barat tentang prioritas program dan kegiatan yang harus dilakukan oleh masing-masing OPD dalam upaya mencapai capaian kinerja sebagaimana yang telah ditetapkan dalam RJPMD Kabupaten Pesisir Barat. Dalam kesempatan ini pula tentang apa saja yang perlu disiapkan dari masing-masing OPD dalam rangka kegiatan Musrenbang Kabupaten.